Kerrang! Maiden Heaven _Tribute to Iron Maiden

Tracklist :
1. Black Tide - Prowler
2. Metallica - Remember Tomorrow
3. Avenged Sevenfold - Flash Of The Blade
4. Glamour Of The Kill - 2 Minutes To Midnight
5. Coheed And Cambria - The Trooper
6. Devildriver - Wasted Years
7. Sign - Run To The Hills
8. Dream Theatre - To Tame A Land
9. Madina Lake - Caught Somewhere In Time
10. Gallows - Wrathchild
11. Fightstar - Fear Of The Dark
12. Machine Head - Hallowed Be Thy Name
13. Trivium - Iron Maiden
14. Year Long Disaster - Running Free
15. Ghostlines - Brave New World

Download
Part 1
Part 2

Ini album yg agak lama, berisi kompilasi cover song dari lagu² Iron Maiden yg dimainkan oleh band² dg nama besar, seperti Metallica, A7x, Coheed & Cambria, Dream Theater, Machine Head, Trivium dll. Cover art nya sendiri dibuat sedikit artistik dengan menampilkan Eddie yg jadi 'Fallen Angel', agak berlawanan dengan imejnya selama ini...hehehe.

Track pertama, Prowler, mungkin agak mengecewakan, karena ternyata vocal Gabriel Garcia tak mampu menyamai Bruce Dickinson, tapi musik yang dimainkan benar² apik, rapi dan enak di dengar layaknya Prowler yg asli...

Track ke-2, Metallica ternyata mampu memainkan Remember Tomorrow dengan gaya Heavy-metal mereka. Memang vocal James Hetfield tidak setinggi Bruce Dickinson, tapi saya rasa, versi Metallica ini bagus juga, trutama krn pengaruh heavy-metal jadi terasa di lagu yg sebenarnya speed-metal ini..wow

Track ke-3, Flash of The Blade versi A7x, hampir mirip aslinya, terlebih memang band ini amat-sangat terpengaruh Iron Maiden, jadi tidaklah heran. Malah kalo boleh membandingkan, saya malah suka versi Rhapsody of Fire (ada di album From Chaos To Eternity), yang saya rasa sangat symphonic...yaa jelas lah, skill Luca Turilli emang jauh di atas Synister Gates...(maaf buat fans A7x,=_=)

2 Minutes To midnight versi Glamour of the Kill, terasa kurang menggigit, karena selain vocal Davey Richmond yg sambil bermain bass kurang 'nyampe' ke standar Iron Maiden. Tapi masih luamayan di dengar lah, daripada yg pernah digarap oleh salah satu band lokal di kota saya...hehehe

The Trooper ala Cohhed & Cambria, terasa sangat progresif rock, meski saya berpendapat vocal Claudio Sanchez agak kurang cocok untuk lagu² dengan vocal pitch tinggi.

Wasted Years yg dibawakan oleh Devildriver terasa sangat 'gelap', terlebih dengan distorsi yg agak berlebihan, membuat lagu yg memiliki harmoni yg gampang di ingat ini jadi terasa megah. Ini salah satu lagu yg layak dengar di album ini.

Sign mengusung Run To The Hill, dengan aksen grind di sela² track, sangat menarik, meskipun saya merasa kekuatan lagu ini jadi sedikit hilang. Seharusnya mereka mampu memainkan lagu yg kerap jadi encore ini dg lebih melodius, tp yaa...masih lumayanlah dibanding salah satu band lokal di kota saya yg pernah menggarap lagu ini jadi berantakan...hahaha

Siapa yg tak kenal dengan raksasa progresive-metal ini; To Tame A Land, jadi lebih bernyawa di tanga John Petrucci dkk. Apalagi vocal James LaBrie jadi mirip² sama vocal Bruce Dickinson. Belum lagi permainan melodi di tengah lagu yang jadi lebih ribet, krn (mungin) ditambah jadi lebih rumit oleh Petrucci. Melody yg berlapis-lapis didukung dg keyboard, sangat progresif dan sangar. Mungkin ini adalah tribute terbaik yg pernah dibuat untuk Iron Maiden.

Madina Lake memainkan Caught Somewhere In Time dengan sangat metalcore, tapi tetap khas ala mereka, perpaduan vocal dan sedikit ringkas, dengan tetap mempertahankan kekutan lagu aslinya.

Kalo anda ingin dengar Wrathchild versi Hardcore-Punk, inilah dia. Gallows mampu memainkan lagu ini dengan ciri mereka.

Fear Of The Dark versi Fightstar ini sangatlah bagus, jadi masuk daftar, selain yg pernah dibawakan oleh Graveworm, Children of Bodom, Van Canto dan Blind Guardian. Memang sebagai lagu yg paling banyak dibawakan dan menjadi trademark band, lagu ini haruslah dimainkan, dan nyatanya, versi Fightstar ini sangatlah memuaskan.

Hallowed Be Thy Name oleh Machine Head, rasanya tak perlu dibicarakan lagi, karena memang sangat bagus dan layak dengar. Vocal Robb Flynn, mungkin bisa menggantikan vocal Bruce Dickinson. dan anehnya lagi, sound lagunya mirip banget dengan versi aslinya, yahh, namanya juga band seangkatan.

Tak ada yg bisa dikatakan tentang track ke-13, Iron Maiden versi Trivium benar² sangat 'Iron Maiden'. Permainan MAtt Heafy dkk sangatlah memuaskan. Maklum, sebagai band metal generasi baru, Trivium justru layak disejajarkan dengan band² lama macam Metallica dan Megadeth. DAn bukti itu diperkuat dengan permainan mereka di lagu Iron Maiden ini. Ini salah satu tribute terbaik yg pernah dibuat.

Apa jadinya kalo Running Free jadi terdengar Stoner-rock ala Year Long Disaster? inilah dia, agak aneh memang, malah saya jadi ga' merasa kalo ini lagunya Iron Maiden. Tapi justru itulah kehebatan Year Long Disaster yg mampu menghadirkan ciri khas mereka saat memainkan lagu milik band lain.

Album ini ditutup dengan Ghostlines yg bermain Brave New World. Ghostlines sebenarnya beraliran Alternative-electronic, dan permainan mereka agak aneh ketika memainkan Brave New World yg sangat speed-trash. Ironisnya jadi agak terkesan emo-elecktro ala band² cafe. Tapi tetap layak dengar lah, terlebih krn mereka juga msuk dalam kompilasi ini.

Akhirnya, sebagai pendengar yg bijak, saya tetap menyarankan album ini sbagai salah satu koleksi, apalagi kalo anda memang mengaku sebgai troopers sejati...hehehe...salam troopers lah (^_^)\m/

Comments

Popular Posts