Stephan Forté - The Shadows Conpendium (2011)

Preview and Information
Tracklist :
01. The Shadows Compendium (feat Jeff Loomis / ex-Nevermore & Franck Hermanny/ Adagio)
02. De Praestigiis Daemonum (feat Mattias IA Eklundh / Freak Kitchen)
03. Spiritual Bliss
04. Duat (feat Glen Drover/ ex-Megadeth)
05. Sorrowful Centruroides (feat Derek Taylor /Solo artist)
06. Prophecies Of Loki XXI
07. I think there’s someone in the kitchen (feat Daniele Gottardo /Solo Artist)
08. Improvisation on Sonata no. 14, c # minor – Op. 27 no 2-

Download
MF
MU

Stephan Forté adalah gitaris dari band Progressive neo-classic bernama Adagio. Selain itu dia juga pendiri dari band Red Circuit, yg juga beraliran melodic progressive.

The Shadows Compendium adalah album solo ke-2 setelah Visions (1996). Berisi 8 track instrumental. Di album baru ini, permainan gitarnya yg benar² neoclassic sangatlah menyenangkan untuk di dengarkan, terlebih bila anda penyuka musik instrumental dan suka bermain gitar, karena album ini bisa dijadikan acuan sebagai bahan pelajaran...(semoga!)

Membahas tentang isi albumnya, saya hanya menebak-nebak, mungkin adalah cerita epik, semacam legenda Norway atau legenda Prancis kuno...entahlah, karena info yg saya dapat juga sangat minim, tapi saya akan memberikan pandangan menurut saya sendiri.

Track pertama, The Shadows Conpendium, adalah lick sepanjang 5 menit yang sarat permainan arpeggio neoclassic ala Yngwie Malmsteen, dengan selingan melodi² panjang yg membius. Sementara track ke-2, De Praestigiis DAemonum, seperti berkisah tentang setan yang bangga akan kekuatannya (seperti arti judulnya, bahasa Latin tuh!), dengan permainan solo meliuk² yg njlimet di tengah lagu. Track ke-3, Spiritual Bliss, sangatlah penuh dengan (lagi) arpeggio....wahhhh, dengan selingan slide & tehnik vol. up.

Track ke-4, Duat, adalah ramuan heavy-metal dengan full solo gitar yang sangat mantap. Soundnya yg powerfull, dengan permainan sweeping tingkat tinggi...mungkin Kirk Hammet pun bisa kalah...hahahaa

Track ke-5, Sorrowful Centruroide,dibuka dengan kocokan gitar akustik yg bagus sekali, yg kemudian disambung dengan drum yg menggelegar. Tapi lagu ini memuat melodi yg 'catchy', karena mengingatkan saya pada lagu² progressive semacam Dream Theater dan Queensryche.

Track berikutnya, Prophecies of Loki XXI, dibuka dengan permainan piano yg njlimet, tapi musik yg berikutnya sangatlah tajam. Perpaduan dari permainan tingkat tinggi. Mungkin sebagai gambaran dari 'Si Pembuat Ulah' (Loki, dalam mitologi Norse, adalah keturunan Jotun yg diangkat menjadi dewa oleh Odin). Track ini sangatlah 'gahar' dalam artian, seperti layaknya progressive yg dimainkan dengan gaya neo-classic : penuh perubahan tempo, improvisasi, dan tehnik yg berbelit², di dukung penguasaan sound.

I Think There's Someone in The Kitchen, seperti track main², dengan rhytem ketat yg heavy, tp dengan selingan sound² gitar unik plus sweeping di beberapa sesi, dibantu dengan permainan solo bass...sangat menghibur!

Track terakhir, Improvisation on Sonata No. 14, C#minor adalah improvisasi dari komposisi Mozart berjudul sama. Improvisasi ini biasa dilakukan gitaris shredder untuk sekedar pembuktian, bahwa mereka mampu merubah suatu komposisi dengan cara dan ciri menurut mereka sendiri. Track ini sangat melodius, terlebih lagi dibantu dengan bunyi piano yg lambat² sebgai backsoundnya...kereeennn!!


Comments

Popular Posts