Navicula (Discography)

 
“Bisa dibilang musik adalah agama kita… di dalamnya ada filosofi, etika dan ritualnya, waktu dan uang kita habis di musik, agamamu adalah dimana uang dan waktumu lebih banyak kau gunakan! Its all about rock & roll!!!”
– Robi (vokalis Navicula)

Navicula didirikan tahun 1996 di Denpasar, Bali oleh dua aktivis musik: Robi dan Dankie. Setelah melewati beberapa kali pergantian personil di tahun-tahun awal band ini dibuat, hingga terbentuklah formasi terkini yang terdiri dari: Rob (vokal, gitar), Dankie (gitar), Made (bass) dan Gembull (drum). Nama Navicula diambil dari nama sejenis ganggang emas bersel satu, berbentuk seperti kapal kecil (dalam bahasa Latin, Navicula berarti kapal kecil).

Band ini mengusung grunge sebagai warna dasar musik mereka, berpadu dengan beragam warna etnik, psychedelic, blues, alternatif, folk, progresif, dibalut rock murni. Liriknya sarat dengan pesan aktivisme dan semangat tentang Perdamaian, Cinta dan Kebebasan.

Navicula lebih dikenal aktif sebagai band indie musik, walau sempat kontrak dengan major label Sony-BMG di tahun 2004. Bersama Sony-BMG, Navicula merilis album ke-4 mereka yang berjudul, Alkemis. Namun di tahun 2007, album ke-5 mereka, Beautiful Rebel, dirilis secara independen dan band ini kembali mengobarkan semangat idealisme mereka melalui jalur indie.

Musik Navicula dipengaruhi kuat oleh alternatif rock 90-an, terutama grunge / seattle-sound dari band-band macam Soundgarden, Pearl Jam, Alice in Chains, dan Nirvana. Namun, yang membuat musik mereka menjadi sedemikian unik adalah pekatnya pengaruh budaya Bali saat ini sebagai melting-pot dunia (tempat bercampurnya beragam budaya), dan kesempatan untuk berkreasi di suatu kondisi yang sangat kontras ini.

Melalui percampuran banyak elemen, dari budaya spiritual klasik Bali, pengaruh para seniman internasional yang menetap di Bali untuk menimba inspirasi, dan modern kultur di sejumlah internasional spot yang ada di Bali, band ini memperoleh rasa asli mereka, rasa ‘golden green grunge’, rasa Navicula.

Discography
Salto – 2009
Zygote Records / demajors
 
 Tracklist:
1. Menghitung Mundur
2. Pantai Mimpi
3. Kau Datang
4. Alien
5. Over Konsumsi
6. Everyone Goes to Heaven
7. Peace Pretenders
8. Kill the Fireflies
9. Raut Wajah Bisu
10. Budi Si Berani Mati
11. Istana Waktu
12. Aware
13. Mensyukuri dan Menikmati
14. Terima Kasih

Download

Beautiful Rebel – 2007

Electrohell Records
 
 Tracklist:
01 Modern Mantra
02 Ingin Kau Datang
03 Merdeka
04 Like A Motorbike
05 Bunga Liar
06 Aku Bukan Mesin
07 Terus Berjuang
08 Televishit
09 Mawar & Melati
10 Abdi Negri
11 Together In Today
 
Download

Alkemis – 2005
Sony BMG Indonesia
 
 Tracklist :
01 supremasi rasa
02 kau & aku
03 kidung bulan & matahari
04 parasit
05 jiwan mukti
06 suram wajah negeri
07 keluarga tanpa batas
08 cosmogony
09 ubud
10 aware
11 jujur & setia
12 kali mati
13 zat hijau daun
14 pulang
15 kami no mori
 
Download

Comments

Popular Posts